Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Senja di desa tertinggi kedua Indonesia

Senin, 09 Januari 2012


Hampir senja ketika kami tiba di desa Ngadisari, kec. Cemorolawang, desa tertinggi  kedua di Indonesia dengan ketinggian 1800 di atas permukaan laut,  Sedangkan desa tertinggi berada di Papua.

Saya menikmati senja ini, ketika kabut mulai terlihat dari kaca jendela mobil. Mau teriak dan bilang kalau akhirnya saya bisa berada  disini, desa tertinggi dan terakhir sebelum saya menjejakan kaki di Gunung Bromo.

Pemandangan di hadapan saya adalah bukit-bukit dan hamparan ladang yang tidak begitu hijau. Ya inilah pemandangan setelah Gunung Bromo mengalami erupsi  di awal tahun 2011, hampir sebagian desa tertutup debu vulkanik. 

Saya membiarkan kaca jendela mobil terbuka dan merasakan terpaan udara desa yang mulai mendingin. Menghirup udara dalam-dalam membiarkannya masuk ke dalam paru-paru, sambil membayangkan betapa indahnya desa ini sebelum Bromo mengerupsi. Hijau dengan hamparan ladang-ladang kol yang segar, hasil pertanian utama masyarakat disini. Juga membayangkan betapa ganasnya erupsi sehingga membuat sesuatu yang hijau menjadi coklat.

Rumah-rumah penduduk  pun mampir di mata saya. Tempat peraduan suku Tengger, penghuni  desa ini, yang menolak untuk dievakuasi ketika Bromo mengerupsi, menunggu sampai Bromo benar-benar meletus. Mereka seolah tahu kapan Bromo akan benar-benar meletus.

Kami pun tiba  di penginapan dengan sambutan puji-pujian dan mantra yang terdengar dari sebuah Pura. Intinya bukan untuk menyambut kami, tapi itu memang ritual yang biasa penduduk Tenger yang beragama Hindu Mahayana kala senja tiba.

Oooo sama dong dengan shalawatan yang biasa terdengar  di rumah saya sebelum maghrib tiba,  karena sebelumnya kami mengira itu adalah shalawatan dalam bahasa Bromo. Hehehehe.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mengalir banget mba ceritanya, .... i like it

henan mengatakan...

butuh masukkannya suhu sang Sang Penjejak, hehehe

 
Copyright © -2012 Alamat Senja All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks