Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Pulau Komodo Terancam dicoret dari Finalist 7 Keajaiban Dunia

Senin, 07 Februari 2011

Indonesia patut berbangga karena Pulau Komodo masuk dalam deretan 28 finalis the new 7 wonders, setelah melalui tahap seleksi dimulai dari tahun 2008, mengalahkan 440 kandidat lainnya.
 
Dunia pun diikutsertakan untuk bisa memilih kandidat tersebut melalui voting di situs resmi www.new7wonders.com ataupun melalui telepon.

Ranking Indonesia dalam vote tersebut turun naik. Pernah menjadi urutan tiga terbesar dari bawah, pernah sampai diurutan 15 besar, juga 10 besar. 

Tiba-tiba ada berita mengejutkan bahwa The New7 Wonders Foundation-lembaga internasional penyelenggara new 7 wonders,  terpaksa akan menangguhkan Pulau Komodo sebagai finalist new 7 wonders of nature karena pihak pemerintah dan konsorsium swasta di Indonesia dinilai tidak menghormati kontrak dengan lembaga tersebut. 

Pihak ‘The New7Wonders Foundation‘ mengaku telah menempuh berbagai cara dan memberi waktu kepada pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan hal ini. Termasuk dengan mengirimkan surat kepada Presiden RI. Namun hingga akhir Januari, pemerintah RI dinilai tidak memberikan respon positif. Karenanya keputusan untuk menangguhkan bahkan mencoret pulau Komodo dari daftar peserta New 7 Wonders diumumkan. Termasuk pembatalan Jakarta sebagai tuan rumah Penganugerahan dan Deklarasi Pemenang New 7 Wonders pada 11 November 2011.

Menurut Jero Wacik (Menteri Kebudayaan danPariwisata), Indonesia tidak bersedia menjadi tuan rumah Penganugerahan dan Deklarasi Pemenang 7 Keajaiban Alam Dunia pada tanggal 11 Nopember 2011 lantaran pihak ‘The New7Wonders Foundation‘ meminta pembayaran sebesar US$ 45 juta atau sekitar Rp 400 miliar. Dan yang menawari menjadi tuan rumah Penganugerahan dan Deklarasi Pemenang 7 Keajaiban Alam Dunia adalah pihak ‘The New7Wonders Foundation‘. Bukan Indonesia yang meminta.

Setelah dipikir-pikir, Wacik menyatakan biaya tersebut terlalu mahal dan tidak sepadan dengah hasil yang akan didapatkan. “Padahal Untuk pendaftaran awal, satu objek wisata sudah dipunggut biaya USD199. Lebih-lebih jadi tuan rumah belum tentu menang. Saya berhitung dan tidak menuruti dengan berat hati.”

Keputusan dicoret atau tidaknya Pulau komodo dalam daftar 28 finalis new 7 wonder akan diumumkan malam ini tanggal 7 Februari 2011. Jika ternyata pulau komodo dieleminasi, maka pemerintah akan menempuh jalur hukum.

Semoga saja pulau komodo tidak akan dicoret.
Meskipun demikian masih terbuka lebar untuk memvote Komodo, sehingga bisa menjadikannya salah satu dari tujuh keajaiban dunia.


Caranya klik http://www.new7wonders.com/community/en/new7wonders/new7wonders_of_nature/voting

0 komentar:

 
Copyright © -2012 Alamat Senja All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks