Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Sumpah Pemuda Generasi Milenium

Senin, 21 Oktober 2013





85 Tahun sudah berlalu sejak dicetuskannya ikrar SUMPAH PEMUDA

85 tahun sudah bangsa Indonesia menikmati hasil dari SUMPAH PEMUDA. Karena SUMPAH PEMUDA tidak hanya sekedar sumpah, ucapan dimulut. Tapi SUMPAH PEMUDA adalah tonggak perubahan untuk Indonesia. Awalnya bangsa Indonesia selalu dijajah bangsa lain dan kalah karena perjuangan yang bersifat kedaerahan, dengan adanya SUMPAH PEMUDA ada semangat untuk bersatu, semangat untuk mengenyampingkan jiwa kedaerahan dan mengedepankan jiwa persatuan Indonesia. Dari semangat SUMPAH PEMUDA itu Indonesia bisa merdeka, dan kami Generasi Milenium bisa merasakan kemerdekaan itu sekarang.

85 tahun sudah berlalu, gaung SUMPAH PEMUDA masih terus dikobarkan dengan diadakan perayaan-perayaan. Ada yang bersemangat, namun ada juga yang masa bodoh cenderung apatis. Bahkan Ikrar yang telah membangkitkan semangat perjuangan Indonesia tidak tahu bagaimana isi dan bunyinya. Apa kata para pengagas SUMPAH PEMUDA kalau mereka tahu beginilah Generasi Indonesia Milenium. Bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Ikrar SUMPAH PEMUDA juga sepatutnya diteladani tidak hanya untuk generasi muda, tapi juga generasi tua yang berada di tampuk legislatif dan pemerintahan untuk Indonesia yang bebas korupsi.

Untuk itu, saya sebagai Generasi Milenium, generasi yang hidup di abad 21 juga punya sumpah, yang tertuju pertama untuk diri saya sendiri, untuk para pahlawan, dan untuk kecintaan terhadap Indonesia

SUMPAH PEMUDA GENERASI MILENIUM

1. Kami Generasi Milenium akan selalu mengingat dan terus meneladani ikrar SUMPAH PEMUDA tahun 1928 di segenap peri kehidupan.
Maksudnya: ikrar SUMPAH PEMUDA tahun 1928 harus selalu diingat dan diteladani dengan berbagai tindakan nyata disegenap kehidupan Generasi Milenium. Sumpah ini tidak boleh hilang dari ingatan kami Generasi Milenium untuk mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Bekerja bukan untuk kepentingan pribadi/golongan, tapi untuk kemajuan Indonesia.

2. Kami Generasi Milenium akan terus mengibarkan bendera Merah Putih dimanapun kami berada
Maksudnya: di era globalisasi ini, kami Generasi Milenium perlu untuk selalu mengibarkan bendera merah putih tidak hanya di Indonesia, tapi juga bila kita berada di mancanegara, saat belajar di luar negeri, saat traveling di luar negeri. Mengibarkan bendera bukan sekedar membawa-bawa bendera Indonesia dimanapun berada. Tapi mengibarkan bendera Merah putih adalah terus membawa ciri sebagai bangsa Indonesa, bangga sebagai bangsa Indonesia dan tidak malu menunjukan identitas pada bangsa lain ketika berada di negara lain. Tidak melupakan tradisi dan budaya bangsa, berpegang teguh pada nilai-nilai moral bangsa dan agama yang dianut. Mengibarkan bendera Merah Putih dengan prestasi di mancanegara, sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki.

3. Kami Generasi Milenium harus berani mengambil satu langkah inisiatif, inovatif, kreatif demi kemajuan Indonesia
Maksudnya: Pepatah mengatakan, sebuah peradaban besar dimulai dengan satu langkah kecil. Namun terkadang langkah kecil susah untuk memulainya. Padahal langkah awal  adalah pondasi untuk langkah selanjutnya. Oleh karena itu Generasi Milenium harus berani memulai dari yang kecil dan sederhana. Seperti contoh membuang sampah pada tempatnya. Sesuatu yang kecil, sederhana, simpel, bahkan mungkin sepele. Tapi lihatlah perubahannya untuk Indonesia, 1 orang satu hari, 1 bulan, 1 tahun, akan mengurangi berapa sampah sembarangan di jalan dan di kali-kali, bagaimaan kalau itu dilakukan oleh seluruh bangsa Indonesia. Langkah kecil untuk Indonesia yang lebih baik.

2 komentar:

moonraker80 mengatakan...

Dear Vloggers,
Tolong kirim data-data berikut untuk kelengkapan lomba blog Neo Sumpah Pemuda, dan kirim ke rizal.maulana[at]viva.co.id dengan di beri subjek "Neo Sumpah Pemuda" Username VIVAlog, Judul Blog, Link Blog, Nama Lengkap, Alamat, No Telp.
Trims.

Nuansa Biru mengatakan...

sudah dikirim, trims

 
Copyright © -2012 Alamat Senja All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks