Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Karang Pantai Tosca di Samalona

Selasa, 03 April 2012


Masih terngiang saat dalam perjalanan di atas kapal kayu, tulisan Pandji Pragiwaksono bahwa Samalona adalah salah satu pantai terbaik Indonesia. Dan kapal saya ini sedang menuju kesana. Tidak sabar rasanya untuk cepat sampai.

Belum banyak yang mengunjungi tempat itu, pun masyarakat Makassar sendiri, kecuali bagi orang yang suka travelling dan mencari setiap titik keindahan Indonesia. Survey membuktikan, teman kuliah saya yang sekarang tinggal di Makassar dan teman-temannya belum pernah menjejakkan kakinya kesini. Namanya memang tidak setenar Pantai Losari yang sudah menjadi icon kota Makassar. 

Padahal untuk menuju pantai yang mengelilingi pulau Samalona itu dapat dicapai tidak jauh dari Pantai Losari, tinggal berjalan sedikit ke Dermaga Kayu Bengkoa, maka akan banyak kapal-kapal kayu yang menawarkan jasanya untuk mengantar ke pulau itu.

Sekitar 20 menit  kami berada di atas perairan Makassar yang nyaris tanpa gelombang. Terima kasih untuk cuaca cerahnya, sebelumnya kami was-was karena kabarnya selama 2 hari yang lalu Makassar diguncang hujan angin.

Pemandangan indah menyambut kami bahkan sebelum kami turun dari kapal kayu. Hamparan pasir putih disambut air berwarna hijau tosca di pantainya yang kemudian makin lama bergradasi dengan warna biru laut, inilah pantai terbaik itu. Dalam hitungan detik kamera sudah standby di tangan masing-masing kami. Cukup lama saya memandangi pantai tosca ini, dan mengucap, akhirnya.

Pulau Samalona termasuk kecil, luasnya hanya 0,067 km2, dihuni hanya 7 orang kepala keluarga yang nama-namanya tercantum di sebuh papan pulau itu. Ada penginapan yang bisa disewa jika berniat bermalam disini, tarifnya antara 300-400 ribu rupiah permalam.

Tidak capek mengelilingi pulau, di belakang pulau kami terpesona oleh gugusan karang pantai yang menyembul indah. Karang pantai adalah adalah karang yang berada di bibir pantai, terlihat jelas tanpa harus menyelam. Karang Pantai memang banyak ditemukan di pantai-pantai Sulawesi Selatan. Dan disinilah titik awal snorkeling kami.


Ternyata lumayan sulit mengabadikan pemandangan bawah laut dengan kamera, bukan kamera underwater canggih yang dipakai, tapi hanya handphone android yang memakai kantong anti air. Ombak yang membuat pemandangan menjadi bawah laut menjadi tidak jelas, tapi imbasnya banyak ikan-ikan kecil manis yang ikut tersapu ombak. Tiba-tiba saja ada segerombolan ikan kecil yang lewat di depan mata saya, ikan teri mungkin. Karang-karang menambah indah penampakan ikan, seperti kota batu di bawah laut.

Foto: Tulus Traveller. Padahal pemandangannya bagus kenapa dapat fotonya cuma ini yah

Ini masih pemandangan di sekitar pantai, jika berenang sampai ke tengah mercusuar pemandangan bawah lautnya lebih berwarna.

Pulau Kodingereng Keke

Letaknya satu jalur dengan Pulau Samalona. Namun berbeda dengan Samalona, Kodingereng Keke adalah pulau yang tidak berpenghuni. Sama dengan Samalona, Kodingereng Keke juga menawarkan pemandangan laut yang eksotis.

bule-bule plus 2 host cantik asli Makassar
Sebenarnya bisa langsung paketan sewa kapal ke pulau ini, tapi harga yang ditawarkannya mencapai 650 ribu untuk perjalanan ke Pulau Samalona plus Pulau Kodingereng Keke. Dan ternyata memang kami dibodohi si tukang perahu,mungkin karena tahu kami bule, heheh bule Surabaya, bule Malang, bule Jember.  Harusnya kami bisa sampai Kodingereng Keke dengan 350 ribu rupiah, tapi ini hanya sampai Samalona dengan sewa kapal 300 ribu. Beginilah nasib bule, hehehe.























4 komentar:

Andreas Setiawan mengatakan...

waaa, sudah ada postingan tentang makassar. Punyaku belum kesentuh sama sekali... :D

Nuansa Biru mengatakan...

hahaha padahal ini masih berantakan....bingung apa judulnya yah...

Iman Rabinata mengatakan...

Nama pantainya bagus ya... Hm,,ada si TT part 2 juga ternyata,hehe.
Nice report.

Nuansa Biru mengatakan...

Iyah bagus namanya seperti pantainya......heehehehe tulus selalu ada dimana2...makasih mas iman, mohon bimbingannya..:)

 
Copyright © -2012 Alamat Senja All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks