Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

Lontong Kupang yang Bukan dari Kupang, NTT

Senin, 11 Juni 2012

Membaca tulisan Lontong Kupang, mungkin langsung menebak bahwa ini adalah makanan khas kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Namun ternyata bukan.

Lontong Kupang adalah makanan Khas Sidoarjo atau bisa juga ditemukan di Surabaya. Kupang yaitu  hewan laut seperti kerang dan bentuknya kecil –kecil. Dan yang untuk kuliner ini adalah kupang putih nama kerennya Corbula faba H. Kalau diperhatiin sih si kupang ini nggak putih-putih amat, namun cenderung coklat sesudah atau sebelum dimasak, namun ketika sudah dimasak bagian kepalanya berwarna hitam.

Kupang ini hanya ditemukan di perairan Sidoarjo, makannya menjadi makanan khas Sidoarjo dan tidak ditemukan di tempat lain, kecuali tetangganya seperti Surabaya.

Agak meringis saat pertama kali menncicipi makanan ini karena rasanya agak asam-asam. Namun rasa asam ini bukan berasal dari kupangnya, namun dari kuahnya yang memang dipakaikan jeruk nipis. Selain itu kuah lontong Kupang ini juga diberi petis, bumbu khas Jawa Timur.

Rasa lainnya ketika memakan makanan ini, agak gerenjel-gerenjel (bahasa apa tuh) saat kupangnya memasuki mulut.  Saya memakan makanan ini bersama sahabat bromo di Sidoarjo

Sebagai pelengkap, bisa menyantapnya dengan sate kerang (lagi-lagi kerang) dan kelapa muda bulat.

Harga

Rp 7000/porsi


2 komentar:

Naff Nurafney mengatakan...

jadi kapan mo ke kupang non?

Nuansa Biru mengatakan...

nunggu yang punya kupang ngajak kesana....hehehe ayo culik aku naff

 
Copyright © -2012 Alamat Senja All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks