Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email

OLEH-OLEH KHAS TEGAL: KACANG BOGARES

Selasa, 29 Januari 2013

Ada yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kabupaten Tegal, tepatnya di sebuah desa yang bernama Bogares. Di sepanjang jalan ini banyak ditemukan penjual cemilan khas, yaitu kacang asin yang akhirnya dikenal dengan nama kacang Bogares karena dari sinilah cemilan itu berasal.

Ini adalah kacang tanah biasa yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kacang ini tidak digoreng namun disangrai sehingga tidak begitu banyak mengandung kolesterol.

Diantara sekian banyak penjual kacang Bogares, akhirnya saya memilih untuk datang ke toko kacang Bogares Ceria di jalan pertigaan Bogares Kidul, katanya sih ini kacang yang paling enak diantara produksi kacang Bogares lainnya.

Saya pun disambut dengan mbak-mbak penjual yang ramah, mbak Indri dan mbak Tika. Ketika saya tanya apa bedanya kacang Bogares ini dengan kacang Bogares lainnya mereka hanya tertawa. “Nggak tau juga sih mbak, kan tergantung yang sudah membedakan.”
Iya juga sih saya pikir itu sih selera masing-masing. Dari mbak Tika saya juga mendapat info kalau akan ada liputan dari salah satu stasiun televisi swasta di toko kacang ini.

“Mungkin besok mbak liputan disini, kalau tadi sih sudah ada syuting di tempat produksinya,” Mbak Indri pun menjelaskan.

Wah saya sih cuma pikir kalau sudah ada liputan televise berarti  kacang ini memang benar lebih unggul. Tempat produksi kacang ini ada di daerah Krageman, Slawi, dan kalau saya mau melihat tempat produksinya akan diizinkan, tapi bukannya hanya dari jam 8-17.

Seru juga ada di toko kacang Bogares ini selain mbak-mbaknya ramah saya boleh loh bantuin nimbang-nimbang kacang Bogares ini. Asal tau aja ya, saat sedang menimbang saya ngupil jadi hahahaha beruntunglah yang mendapatkan kacang hasil timbangan saya.



**                                                                   
Terdapat 3 jenis rasa kacang Bogares; original, bawang putih, Selada (yang kacang ini lebih kecil bentuknya dari yang original)
Harga: 38 ribu/ kilo
Rute: jika ke tempat ini dari Terminal Tegal, bisa ditempuh dengan menggunakan minibus menuju larangan, kemudian diteruskan dengan menaiki angkot menuju desa Bogares Kidul. Namun lebih dekat jika dari Terminal Slawi


0 komentar:

 
Copyright © -2012 Alamat Senja All Rights Reserved | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks